4 Desain Atap Rumah Terbaik Tahun Ini!!

Mendesain atap rumah juga sama pentingnya dengan mendesain bagian rumah yang lain. Atap rumah tidak hanya berguna sebagai pelindung dari panas dan hujan saja. Tapi juga membuat rumah anda menjadi lebih indah. Ada banyak sekali desain atap rumah yang berkembang saat ini. Di antara desain atap rumah yang banyak berkembang selama ini, berikut 4 desain atap rumah terbaik tahun ini.

1.     Desain Atap Rumah Limas

Source: Google

Desain yang satu ini sebenarnya sudah sangat sering digunakan di Indonesia. Apalagi rumah-rumah adat Jawa. Atap Limas adalah salah satu bentuk atap yang paling populer tahun ini. Sepertinya bukan Cuma tahun ini, tapi tahun-tahun sebelumnya jenis atap ini juga selalu mendapatkan posisi tersendiri di mata para arsitektur atau pun orang-orang yang ingin membangun rumah. Desain atap ini bagi sebagian orang terlihat lebih artistik. Selain itu desain ini juga memberikan perlindungan untuk dinding rumah anda bagian luar dari hujan atau panas. Itu kenapa desain ini sangat populer.

2.     Atap Rumah Datar

Source: Mitra Arsitek

Kalau desain atap yang satu ini adalah desain yang paling sederhana dan gampang sekali dibuat. Bahkan mungkin anda tidak perlu repot membeli genteng. Biasanya atap jenis ini dipasang di rumah-rumah minimalis atau di bangunan-bangunan bertingkat. Biasanya atap ini terbuat dari beton bertulang dan terasnya berbahan asbes atau seng agar air yang tertampung di atap ini bisa mengalir. Atap tipe ini memiliki biasanya bisa dipakai juga untuk teras, atau kebun di atas rumah. Meski begitu, atap tipe ini cukup sulit perawatannya. Satu hal yang perlu anda perhatikan ketika mau memasang atap ini adalah perhitungkan ruang sirkulasi udara agar ruangan di bawahnya tidak terlalu panas.

3.     Atap Rumah Sandar

Source: dekoruma

Rumah dengan desain kontemporer sering memakai atap dengan desain ini. Biasanya juga bangunan tambahan seperti misalnya selasar atau emperan itu menggunakan atap tipe ini. Biasanya atap tipe ini dikombinasikan dengan atap tipe pelana. Atap tipe ini membuat arsitektur rumah anda lebih atraktif.

4.     Atap Rumah Pelana

Source: dekoruma

Ini merupakan tipe atap yang paling populer di Indonesia. Atap jenis ini paling aman dan simple. Atap ini juga cocok untuk berbagai macam jenis desain rumah. Bentuknya seperti yang biasa anda lihat di banyak orang. Di atas ada 2 bidang miring yang bertemu di ujung dan biasa pertemuan itu disebut bumbungan. Desain ini punya keunggulan bisa mendeteksi kebocoran yang terjadi di bumbungan. Desain ini juga sangat baik untuk daerah tropis karena bisa menyerap radiasi dan panas cukup baik.

Itu tadi 4 desain atap rumah terbaik tahun ini. Setiap desain tersebut juga memiliki gunanya masing-masing. Tidak hanya memberikan keindahan saja untuk rumah anda, tapi juga memberikan guna yang lain. Seperti misalnya mendinginkan rumah anda, atau bahkan untuk kepentingan keselamatan rumah anda ketika terjadi bencana yang tidak diinginkan. Jadi, mana desain atap favorit anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: