4 Desain Bangunan Tahan Cuaca Ini Bisa Anda Coba!

Desain Bangunan Tahan Cuaca

Ketika anda tinggal di Indonesia yang punya iklim tropis, maka anda akan menghadapi suhu udara yang biasanya akan sangat panas, atau curah hujan yang cukup tinggi. Dengan iklim semacam itu, tidak heran kalau banyak bangunan yang cepat rusak. Entah itu secara konstruksi atau cat tembok yang mengelupas. Nah, untuk menghadapi negara dengan iklim seperti Indonesia yang bisa kita bilang cukup ekstrem, maka ada beberapa perlakuan untuk membuat rumah kita lebih awet dan kuat menghadapi perubahan iklim tersebut. Berikut ini 4 desain bangunan tahan cuaca yang bisa anda coba untuk membuat rumah anda lebih kuat menghadapi perubahan iklim di Indonesia.

1. Desain Bangunan Tahan Cuaca Berplafon Tinggi

Desain bangunan tahan cuaca yang pertama adalah bangunan dengan plafon tinggi. Bangunan dengan lafon tinggi ini bisa membuat rumah anda memiliki suhu yang lebih sejuk meskipun cuacanya panas. Jadi bagi anda yang tinggal di kawasan yang panas, maka anda bisa mengadopsi desain bangunan ini.

2.    Bangunan Beton dan Batu

Desain bangunan tahan cuaca yang berikutnya adalah bangunan dengan material dasar beton dan batu. Material ini sangat pas untuk dihuni di kawasan tropis dan lembab. Selain bisa mengendalikan suhu, ia juga bisa memberikan kesan yang mewah dan ketahanan terhadap jamur dan juga berumur panjang.

3.    Hunian Dengan Area Terbuka

Desain bangunan tahan cuaca open space juga bisa jadi pilihan. Selain anda mendapatkan kesan bangunan yang lebih luas dan nyaman, anda juga bisa membuat aliran udara di rumah anda lebih tersebar dengan maksimal. Sehingga rumah jadi lebih sehat, bebas lembab, dan anti panas.

4.    Hunian Berwarna Putih Dominan

Kalau rumah anda terletak di kawasan pantai, maka membuah bangunan dengan warna putih sangat cocok. Dengan adanya warna putih, anda bisa memantulkan sinar matahari dan membuat suhu ruangan sejuk bahkan di siang hari.

Itu tadi 4 desain bangunan tahan cuaca yang bisa anda coba pasang di rumah yang hendak anda bangun atau di rumah yang sudah terbangun. Dengan memilih desain-desain bangunan semacam itu maka anda bisa membuat rumah lebih nyaman dan aman. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: