4 Jenis Finishing Kayu yang Wajib Anda Tahu

jenis finishing kayu

Memakai material kayu adalah pilihan banyak orang. Bukan hanya tampilannya yang mewah, tapi juga kesan hangat yang muncul dari elemen kayu. Bukan hanya pada penggunaan interior, kayu juga bisa dipakai untuk perabot. Nah, sebelum anda membeli perabot dari kayu, anda harus tahu jenis finishing kayu yang ada sekarang ini. Apakah akan sesuai dengan tampilan interior yang anda inginkan, atau sebaliknya. Berikut 4 jenis finishing kayu yang wajib anda tahu;

1.     Pernis

 

Jenis finishing kayu yang pertama adalah pernis. Jenis ini paling banyak dipakai karena masih menunjukkan bentuk urat dari kayu tersebut. Karena lapisannya yang tipis dan terbuat dari minyak ini tetap bisa memberikan perlindungan yang kuat. Pernis ini bisa membuat kayu tahan dari goresan noda, air, dan juga matahari. Cara membersihkannya juga mudah, cukup menggunakan kain bersih. Tapi, jenis finishing kayu yang satu ini punya kekurangan, yakni tidak memberikan tampilan yang awet. Seiring waktu, kayu itu harus dipernis lagi.

2.     Politur

 

Jenis finishing yang satu ini bisa membuat permukaan kayu mengkilap dan membuatnya lebih indah serta membuat serta kayu terlihat lebih tajam. Jadi tidak salah kalau politur itu sering dipakai oleh para pengrajin mebel. Semakin banyak polesannya, maka ia semakin tebal dan indah. Tapi politur tetap tidak bisa menahan goresan dan juga benturan.

3.     Cat Duco

 

Sekarang ini cat duco berkembang semakin beragam dan membuat banyak motif yang bisa anda temui. Ada motif marmer, retak, dan lain sebagainya. Dengan pilihan warna yang banyak, anda bisa mendapatkan banyak pilihan tampilan. Biasanya cat duco dipakai untuk interior anak-anak karena tidak menyengat. Kelemahannya hanya satu, yakni harga yang mahal.

4.     Melamine

 

Jenis finishing kayu yang satu ini bisa dibilang baru dan mahal. Meskipun begitu, sekarang melamine sangat populer. Terlebih lagi untuk anda yang ingin tampilan elegan maka anda bisa memilih melanin doff. Sementara kalau anda ingin memilih yang tampilannya mewah, pilihlah melamine semi gloss atau glossy. Tapi melamine hanya bisa dipakai untuk perabot indoor saja, bukan outdoor.

Itu tadi 4 jenis finishing kayu yang wajib anda ketahui. Tujuannya tentu agar anda bisa memilih kira-kira mana yang lebih cocok untuk interior anda. Karena seperti yang sudah disebutkan, tiap finishing memiliki efeknya sendiri-sendiri. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: