4 Tips Beli Rumah Untuk Bisnis Properti

Ada banyak sekali cara untuk memulai bisnis properti. Ketika anda mendengar kata bisnis properti, jangan bayangkan bahwa modal yang anda butuhkan selalu besar. Memang selalu ada modal yang cukup besar, tapi dalam beberapa kasus anda bisa melakukannya tanpa modal. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis properti adalah dengan membeli rumah, kemudian alih-alih menempatinya, tapi justru menyewakannya. Lalu apa saja yang bisa anda lakukan setelah atau sebelum itu? Berikut 4 tips beli rumah untuk bisnis properti.

1.     Riset pasar

Source: hipwee

Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam bisnis property ini adalah melakukan riset pasar. Misalnya setelah anda membeli atau sebelum membeli sebuah unit rumah, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar disini bisa dalam banyak arti. Misalnya mencari informasi berapa harga sewa unit yang ada di sekitar tempat tersebut dengan beberapa spesifikasi unit yang berbeda-beda, meriset seberapa banyak orang yang akan mencari tempat tinggal di daerah itu, dan juga mengetahui perubahan harga unit di sekitar lokasi.

2.     Cari Lokasi Strategis

Source: translatemedia

Seperti kebanyakan tips yang harus anda lakukan sebelum membeli rumah, pilihlah lokasi yang strategis. Lokasi strategis ini artinya lokasi yang memiliki akses mudah, dekat fasilitas umum, terhindar dari banjir, dan tenang. Biasanya dengan lokasi yang strategis, kemungkinan untuk membisniskan properti anda ini akan membuat unit tersebut lebih mudah laku dan bisa menghasilkan banyak uang untuk anda.

3.     Bukan hanya rumah tinggal

Source: lookitsme

Meski dalam judul tips membeli rumah untuk bisnis properti, anda juga tetap bisa membeli jenis unit yang lain. Seperti misalnya ruko, rukos, atau bahkan apartemen. Semua jenis properti tersebut sangat mungkin untuk dijadikan bisnis dan menjadi salah satu pemasukan anda. Biasanya kalau rumah hanya bisa disewakan untuk tempat tinggal dan pemasukannya mungkin bisa jadi kurang besar. Tapi ruko, rukos dan apartemen memiliki tingkat pemasukan yang berbeda-beda dan bisa jadi lebih tinggi dari rumah. Meski begitu anda harus tahu bahwa masing-masing unit tersebut juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

4.     Cek Kenaikan Harga

Source: Phil Property

Tips terakhir yang bisa anda lakukan dalam bisnis property anda adalah mengecek kenaikan harga. Ini tentunya bisa anda lakukan ketika anda memiliki banyak unit properti dan bertujuan untuk menjualnya. Mengecek kenaikan harga tiap tahunnya bisa jadi pertimbangan untuk membeli unit di sebuah lokasi tertentu. Semakin tinggi kenaikan harganya maka kesempatan memberikan keuntungan bagi anda semakin besar.

Itulah beberapa tips membeli rumah untuk bisnis properti anda.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: