Pencahayaan adalah salah satu hal yang paling penting dalam sebuah hunian. Apalagi pencahayaan alami. Hal ini sama sekali tidak boleh disepelekan ketika anda sedang merancang rumah. Pencahayaan alami ini tidak hanya mempermudah penerangan, tapi ia juga akan membuat rumah lebih nyaman dan sehat karena pencahayaan alami bisa meminimalisir pertumbuhan kuman, bakteri dan parasit di rumah anda. Lalu bagaimana cara memaksimalkan pencahayaan alami di rumah anda? Berikut ini 4 tips memaksimalkan pencahayaan alami di rumah anda agar lebih nyaman!

1.     Pintu Bisa Menjadi Pencahayaan Alami

 

Tips memaksimalkan pencahayaan alami yang pertama adalah memaksimalkan fungsi pintu. Pintu merupakan salah satu bagian yang penting dan bisa anda maksimalkan untuk menjadi sumber cahaya alami di rumah anda. Bagaimana caranya? Caranya mudah. Pertama anda bisa meletakkan kaca buram di pintu tersebut agar meskipun pintu tertutup, ia tetap bisa mengalirkan cahaya ke dalam rumah. Atau, jika memberikan kaca buram terlalu beresiko untuk anda, maka anda bisa memasang jendele kecil di pintu anda untuk keluar masuknya cahaya.

2.     Glass Block Juga Bisa Jadi Alternatif

 

Tips memaksimalkan pencahayaan alami yang kedua adalah menggunakan Glass Block. Memang salah satu persoalan menciptakan sumber cahaya alami di rumah adalah harus melubangi rumah dan membuat kita terkadang tidak bisa menghindari pemandangan di sudut dimana kita ingin cahaya tersebut masuk. Tapi ada satu cara untuk tetap mendapatkan cahaya tapi tidak mendapatkan pemandangan. Caranya adalah dengan memasang glass block sehingga anda akan mendapatkan cahaya tapi tidak mendapatkan pemandangan.

3.     Roster Berikan Efek Bayangan Dramatis

 

Pencahayaan itu bukan hanya sekedar terang. Tapi anda bisa mendesainnya menjadi lebih dramatis dengan efek-efek bayangan dan cahaya samar-samar. Anda bisa mendapatkan efek tersebut dari roster atau loster yang anda pasang di salah satu sudut rumah yang menurut anda membutuhkan efek dramatis dalam pencahayaannya. Selain memberikan efek dramatis, roster juga pasti bisa membuat rumah anda menjadi lebih indah.

4.   Ventilasi Bukan Hanya Sebagai Sirkulasi Udara

 

Tips memaksimalkan pencahayaan alami yang terakhir adalah memaksimalkan fungsi ventilasi. Anda harus tahu bahwa ventilasi itu tercipta bukan hanya untuk sirkulasi udara saja. Tapi juga bisa anda gunakan sebagai salah satu sumber pencahayaan alami di rumah anda. Anda tinggal meletakkan ventilasi di tempat tertentu sehingga bisa memaksimalkan pencahayaan alami tapi juga tidak melupakan sifatnya sebagai ventilasi udara.

Itu tadi 4 tips memaksimalkan pencahayaan alami di rumah anda. Jadi, mana kira-kira yang paling pas untuk rumah anda? Apakah anda sudah memilih salah satunya? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *