4 Tips Memilih Properti Terbaik Untuk Investasi

Bagi sebagian orang memilih properti terbaik untuk investasi itu susah-susah gampang. Biasanya niat untuk memilih properti sebagai bagian dari rencana investasi akan muncul setelah pertimbangan yang cukup rumit dan panjang. Memang pada dasarnya membeli property itu bisa dilakukan secara tunai atau pun kredit. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli property itu sendiri.

Investasi ini, seperti kebanyakan investasi lainnya memiliki resiko jika tidak bisa mengendalikan dan menguasai dengan baik investasi pada bagian ini. Untuk menghindarkan diri dari resiko-resiko besar itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Berikut pembahasannya;

1.     Cek Harga Properti

Source: Funnyunit

Hal penting pertama yang harus anda perhatikan sebelum investasi property adalah harga. Sebelum anda membeli property ada baiknya anda melakukan investasi terlebih dahulu dengan mencari property yang memiliki harga yang wajar. Selain itu anda juga harus mengecek kira-kira property yang anda beli memiliki kesempata bertumbuh berapa besar sehingga bisa dijadikan salah satu investasi anda.

Bukan hanya soal pertumbuhan harga, tapi juga soal berapa kira-kira harga sewa unit property anda jika salah satu tujuan anda adalah menjadikan unit tersebut sebagai pasif income untuk anda. Perhitungkan betul berapa harga sewa di lokasi tersebut dan dalam waktu berapa lama untuk bisa sampai pada titik BEP atau Break Event Point atau balik modal.

2.     Cek Lokasi

Source: Kim Komando Show

Lokasi adalah bagian yang juga penting bagi anda yang ingin berinvestasi pada bagian property. Bagi banyak orang lokasi yang pas adalah kunci untuk membuka pintu berinvestasi property. Pastikan anda melakukan survey lokasi yang memiliki banyak peminat. Tak hanya soal peminat, tapi juga akses ke lokasi tersebut, fasilitas umum yang berdekatan dengan lokasi property anda, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan lokasi. Jika suatu ketika anda sedang dalam kondisi yang tidak memiliki banyak uang, memilih unit property terburuk tapi dengan lokasi yang baik jauh lebih baik dari memilih property baik di lokasi buruk.

3.     Cek Kondisi Persaingan

Source: dribble

Ini adalah hal penting dalam dunia bisnis. Ketika anda memutuskan investasi property dan menggunakannya sebagai salah satu unit bisnis anda, artinya entah anda sewakan atau anda pergunakan sendiri sebagai ruang usaha, anda harus mengecek persaingan yang ada disana.

4.     Miliki Tujuan yang Jelas

Source: nobudgeting.com

Terakhir yang juga penting adalah miliki tujuan yang jelas ketika anda ingin berinvestasi di property. Ketika anda memiliki tujuan yang jelas, anda bisa tahu property apa yang akan anda pilih. Apakah anda akan memillih ruko, rukos, rumah, atau hanya tanah tanpa bangunan.

Itu tadi tips memilih property terbaik untuk investasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: