5 Anti Rayap Alami Untuk Melindungi Rumah Anda

anti rayap alami

Ketika manusia membangun rumah, salah satu yang menjadi musuh dari rumah itu adalah hewan. Tapi bukan hewan-hewan besar, justru hewan-hewan kecil seperti nyamuk dan rayap. Kedua hewan itu bisa dibilang menjadi musuh bebuyutan manusia. Misalnya rayap. Rayap akan sangat berbahaya kalau ia berhasil masuk ke dalam rumah. Ia akan memakan perabotan anda dan membuat rumah dan perabot anda jadi cepat rusak. Kalau tidak segera diatasi, maka ia bisa jadi mimpi buruk untuk anda. Ada banyak sekali cara untuk mengusir rayap. Anda bisa mengusirnya menggunakan anti rayap kimiawi. Tapi tahukah anda, rayap juga bisa diusir menggunakan anti rayap alami. Lalu apa saja anti rayap alami itu? Berikut daftarnya;

1.     Bawang Putih

Bawang putih adalah andalan yang bisa menangkal banyak serangga terutama rayap. Nah, untuk menaklukkan rayap menggunakan bawang putih, anda tinggal memotong kecil-kecil bawang putih, campurkan dengan air, dan diamkan selama 6 jam. Lalu saring dan pisahkan air dengan ampasnya, tambahkan sabun cuci piring, dan bunuh rayap dengan menyemprotkan cairan tersebut.

2.     Cabai Merah

 

Cabai merah juga bisa mengusir rayap. Cabai merah yang punya efek panas dan pedas akan membuat rayap tidak ingin dekat lagi. Anda hanya perlu menanam caia di pot dan menaruhnya di balkon. Atau anda juga bisa membuat semprotan anti rayap dari cabai merah. Caranya mudah, tinggal rendam 2 cangkir cabai merah pedas selama sehari, lalu kocok dan saring air tersebut. tambahkan sedikit sabun cuci piring dan semprotan anti rayap dari cabai merah telah siap dipakai.

3.     Mint

 

Selain cabai dan bawang, ada juga mint yang bias dipakai sebagai obat anti rayap alami. Mint juga bisa mengusir serangga lain. Selain itu mint juga bisa memperindah rumah. Jadi sekalian memperindah rumah, kamu juga bisa mengusir rayap dari rumahmu.

4.     Rumput Vetiver

 

Rumput yang satu ini terkenal karena baunya yang harum. Rumput ini pun sering dipakai sebagai bahan parfum. Ia bisa tumuh dengan cepat dan mampu mereduksi erosi tanah. Rumput yang mengandung nookatone ini bisa mengusir rayap dengan kandungan tersebut. Ia juga bisa mengusir serangga lain seperti kecoa, kudu, dan lain sebagainya.

5.     Buah Bintaro

 

Pernah mendengar buah yang satu ini? buah bintaro atau cerbhera manghas ini adalah anti rayap alamiah yang bisa anda temukan di pinggir jalan. Meskipun buah ini beracun untuk manusia, tapi ia sangat efektif membasmi rayap. Hal itu terjadi karena buah ini memiliki kandungan certerin yang beracun untuk rayap. Anda tak perlu menanamnya, anda juga bisa membuat semprotan anti rayap dari buah ini. tinggal siapkan 500 gram buah bintaro dan 500 ml air. Blender hingga merata dan tuang di satu wadah. Setelah itu diamkan selama seminggu dan saring cairan tersebut.

Itu tadi 5 anti rayap alami yang bisa dipakai untuk melindungi rumah anda dari serangan rayap. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: