Siapa sih yang tidak punya mimpi untuk membangun rumah sendiri? Tapi memang, membangun rumah sendiri butuh perencanaan yang sangat mata. Apalagi jika kita bicara soal budget. Sering sekali bujet itu membengkak karena kita tidak memperhitungkannya dengan sangat baik. Banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut, mulai dari kebutuhan tambahan yang tidak bisa ditolak, kenaikan harga dari material itu sendiri, dan lain sebagainya. Tapi tenang, selalu ada strategi bangun rumah tanpa over budget. Berikut ini 5 strategi bangun rumah tanpa over budget.

1.  Strategi Bangun Rumah Dengan Merencanakan Dana

Hal pertama yang perlu anda lakukan dalam Strategi bangun rumah adalah merencanakan dana secara keseluruhan. Anda juga harus memperhitungkan waktu pengerjaan dan juga kemungkinan inflasi yang terjadi. Kalau pembangunannya cukup lama, dan anda bisa sambil menabung, kenapa tidak melakukan hal itu? Target tetap terpenuhi meskipun lama, tapi anda juga tetap aman.

2.    Ketahui Harga Bahan Material

Ketika anda hendak membangun rumah, strategi bangun rumah berikutnya adalah anda harus mengetahui harga bahan material yang hendak anda pakai. Beberapa bahan material yang wajib anda tahu antara lain semen, batu bata, pasir, cat, besi, dan kayu, dan lain sebagainya. Harga material ini tentu berbeda di tiap toko, jadi cobalah untuk riset agar tahu mana harga yang paling terjangkau.

3.    Hitung Dengan Baik Biaya Pekerja

Pekerja bangunan juga salah satu elemen penting. Nah, dalam strategi bangun rumah ini hal yang harus anda perhatikan mengenai keberadaan pekerja adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar mereka. Biasanya upah mereka tergantung tempat dimana mereka bekerja. Termasuk juga keahlian yang mereka miliki. Setidaknya ada 2 sistem pembayaran, yakni harian dan borongan. Kalau harian, maka anda harus membayarnya sesuai jumlah hari pengerjaan. Sistem ini bisa merugikan kalau ketemu pekerja yang nakal dan dengan sengaja mengulur-ulur waktu. Kalau borongan, anda dan pekerja sudah sepakat dengan satu pekerjaan. Borongan lebih aman dari segi bujet memang.

4. Sesuaikan Pembangunan Dengan Uang yang Ada

Ketika anda hendak membangun rumah, anda harus menyesuaikan juga dengan uang yang anda punya dan juga pemasukan anda setiap bulan atau setiap harinya. Jika pemasukan anda cukup besar, anda bisa membangun dalam jumlah banyak. Kalau kecil, maka bangun saja bertahap.

5.    Bangun Secara Bertahap Saja

House project with model, pencil and rules

Bangun bertahap adalah salah satu laku yang baik untuk membangun rumah. artinya, anda membangun berdasarkan apa yang sedang anda punya dan tidak berusaha mengada-ada. Dengan begitu anda bisa lebih mengirit bujet dan tak perlu kelabakan kalau tiba-tiba habis banyak. Karena anda membangunnya bertahap.

Membangun sebuah rumah memang tidaklah mudah, bahkan ketika anda sudah memiliki uang yang sepertinya cukup. Nyatanya ketika uang itu terasa cukup, bisa jadi membangun rumah akan over budget. Itu tadi 5 strategi bangun rumah agar tak over budget. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *