5 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh!

Saat ini kita sudah mulai masuk ke musim hujan. Salah satu yang paling mengkhawatirkan soal musim hujan adalah adanya nyamuk yang mengganggu. Tak hanya mengganggu, nyamuk ini juga membawa penyakit yang membahayakan. Jika tak percaya, coba anda buka salah satu berit yang menyatakan bahwa makhluk hidup yang paling banyak membunuh manusia adalah nyamuk. Karena itulah, nyamuk menjadi makhluk yang paling mengganggu. Biasanya ketika mulai masuk musim hujan, orang-orang akan mulai mencari obat nyamuk untuk mengusir nyamuk. Tapi tahukah anda, bahwa obat nyamuk itu sejatinya juga berbahaya untuk anda. Tapi anda tak perlu khawatir, karena sebenarnya ada juga tanaman pengusir nyamuk!

Mungkin sebagian dari anda langsung bertanya, apa saja tanaman pengusir nyamuk itu? Apakah memang benar adanya atau hanya bohong saja? Tidak! Tanaman pengusir nyamuk memang benar-benar ada. Apa saja tanaman pengusir nyamuk tersebut? Berikut daftarnya!

1.     Zodia

Source: google

 

Zodia adalah tanaman yang dekat dengan para penduduk di Papua. Tanaman ini sering digunakan oleh penduduk sekitar sebelum mereka masuk ke hutan. Cara pemakaiannya adalah dengan menggosokkan zodia ke tubuh. Zodia memang erat dengan penduduk Papua, tapi sekarang tanaman itu sudah ada di Jawa.

Tanaman ini punya karakteristik tinggi 0,2 sampai 2 meter. Panjang daunnya ketika dewasa antara 20-30 cm. tanaman ini cocok di tanam di dataran setinggi 400 sampai 1000 mdpl. Kenapa Zodia menjadi tanaman pengusir nyamuk? Zodia ini memiliki zat bernama evodiamine dan rutaecarpine yang dibenci oleh nyamuk. Bahkan, Zodia bisa mengobati malaria.

2.     Serai wangi

Source: google

 

Serai wangi merupakan tanaman yang bisa mengusir nyamuk sekaligus dikenal juga sebagai salah satu bahan masakan dan juga minuman. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh di segala iklim dan jenis tanah. Berbeda dengan Zodia yang hanya bisa tumbuh di dataran yang relatif tinggi. Tanaman yang satu ini punya zat bernama Geraniol yang bisa mengusir nyamuk dan juga zat bernama Sitronnellol yang bisa membunuh nyamuk. Karena itu, tak heran kalau serai wangi sering dijadikan bahan dasar lotion anti nyamuk dan juga aroma terapi.

3.     Geranium

B0053P 0200
Source: google[/caption]

Geranium merupakan salah satu tanaman gantung terbaik yang juga dikenal dengan sebutan Tapak Dara. Tanaman ini punya tinggi 20-60 cm dan bisa bertahan 3-5 tahun. Sama seperti serai wangi, Geranium memiliki kandungan geraniol dan sitroneol yang gampang terbawa angin. Selain itu bau tanaman ini juga dibenci oleh nyamuk. Karena itulah Geranium yang punya tampilan indah ini juga bisa kamu jadikan salah satu tanaman hias di rumah. Selain menghias rumah jadi lebih indah, tentunya juga membuat rumah bebas nyamuk.

4.     Rosemary

Source: google

 

Rosemary merupakan salah satu bahan memasak yang cukup sering digunakan di barat sana. Tanaman ini, selain berguna sebagai bumbu masak, jika berguna untuk mengusir nyamuk. Ia memiliki aroma seperti minyak kayu putih. Kono, tanamanini juga tahan terhadap panas matahari, hama dan juga penyakit. Bau dari Rosemary ini membuat nyamuk pusing dan kehilangan kendali atas inderanya. Cara pemakaiannya cukup dengan menggosokkan tanaman ini ke kulit anda.

5.     Lavender

Source: google

 

Tanaman pengusir nyamuk yang terakhir adalah Lavender. Pasti dari kalian sudah sangat sering mendengar tanaman yang satu ini. Yups! Lavender merupakan semak atau pohon kecil yang berwarna ungu dan hanya bisa ditanaman di dataran dengan tinggi 500-1300 mdpl. Semakin tinggi posisi menanamnya, maka semakin tinggi juga kualitas minyaknya. Minyak inilah yang digunakan untuk mengusir nyamuk. Lavender memiliki linalool dan lynalyl yang bisa mengusir nyamuk.

Jadi, siap menghadapi musim hujan yang bisa jadi akan terdapat banyak nyamuk? Tanaman-tanaman ini sebagian juga bisa anda gunakan sebagai penghias ruangan. Tapi tak perlu khawatir berpikir bagaimana cara memasangnya. Anda bisa meletakkannya di salah satu ruangan dan ruangan itu jadi jauh dari nyamuk. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: