Untuk orang-orang yang tinggal di perumahan, taman depan yang mereka dapatkan biasanya tidak terlalu luas. Hal itu membuat banyak orang memilih untuk membiarkan taman depan mereka apa adanya karena tak tahu harus dibuat seperti apa. Padahal, sempit atau luas bukanlah masalah ketika anda tahu bagaimana menghadapinya. Ada banyak sekali tips mendesain taman depan yang sempit agar tetap elegan. Berikut ini 5 tips untuk membuat taman sempit anda tetap elegan dan membuat rumah anda semakin indah.

1. Sesuaikan ukuran tanaman dan taman

Source: dekoruma

Hal pertama yang perlu anda lakukan dalam tips mendesain taman depan yang sempit adalah memperhatikan seberapa luas taman anda. Setelah mengetahui luasnya, selanjutnya anda bisa memperhitungkan tanaman apa saja yang mungkin bisa anda pasang di taman tersebut.

Sebagai contoh saja, jika luas taman anda tak lebih dari 3 meter persegi, maka anda bisa meletakkan tanaman-tanaman kecil. Seperti misalnya bonsai, atau tanaman hias. Pada intinya anda hanya harus menyesuaikan ukuran taman dan tanaman. Jangan sampai memasang tanaman yang terlalu besar untuk taman yang kecil.

 

2. Samarkan pagar

Source: mantiseyes

Tips kedua untuk mendesain taman depan yang sempit adalah menyamarkan pagar. Bagi sebagian orang, pagar adalah penghalang, yang terkadang bikin bingung. Tapi jika anda tahu bagaimana “menaklukkan” pagar itu, maka anda bisa membuat pagar menjadi pendukung taman anda. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah menyamarkan pagar dengan memasang tanaman-tanaman rambat di pagar tersebut.

Satu hal yang perlu anda ingat ketika anda ingin memasang tanaman rambat di pagar, jangan sampai berlebihan. Jika terlalu berlebihan, maka pagar anda justru akan membuat taman menjadi kumuh. Pilihlah tanaman rambat yang kaya warna. Misalnya tanaman rambat dengan warna daun ungu, atau hijau tapi memiliki bunga dengan warna yang indah. Hal tersebut bisa membuat taman anda semakin indah.

3. Manfaatkan Dinding Taman

Source: the sleuth journal

Jika di tips yang kedua anda memanfaatkan pagar, di tips yang ketiga ini anda bisa memanfaatkan dinding taman. Bagaimana caranya? Sangat mudah, anda bisa memperlakukannya seperti pagar. Pasanglah tanaman rambat, atau anda bisa juga menggantung beberapa bunga di pot kecil untuk memperindah dinding taman.

Selain tanaman, anda juga bisa memasang hiasan dinding yang senada dengan tema dari taman anda. Anda bisa memasang artwork-artwork untuk mempercantik dinding taman anda.

4. Kombinasikan Bahan

Source: livegigs

Tips keempat yang bisa anda lakukan untuk memperindah taman anda yang sempit adalah dengan mengkombinasikan bahan. Anda bisa menggunakan bahan yang bermacam-macam. Misalnya, batu kali anda kombinasikan dengan batu marmer, tanah merah, anda kombinasikan dengan pasir, dan lain sebagainya. Hasil dari kombinasi itu akan memperkaya taman anda dan membuatnya menjadi lebih tertata.

5. Bantu dengan tatanan lampu

Source: female first

Tips terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menambahkan beberapa lampu yang anda setting sedemikian rupa untuk mendukung taman anda. Anda bisa meletakkan lampu di dinding taman, atau di tengah taman. Anda bahkan bisa menggantung lampu di pohon-pohon kecil yang anda pasang di taman mini tersebut.

Mungkin di siang hari lampu itu tak akan cukup berguna. Tapi ketika malam datang, lampu tersebut akan menambah keindahan taman anda.

Itulah beberapa tips mendesain taman depan kecil agar tetap elegan. Pada dasarnya anda bisa mendesain sesuka hati. Tapi ingat, jangan sampai ada satu atau dua bagian yang terlalu berlebihan. Taman yang sempit jika tidak diperlakukan dengan baik juga akan merugikan anda. Taman depan adalah “muka” rumah anda. Jadi, hiasi wajah rumah anda sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *