Banyak orang yang mengira bahwa ketika kita hanya memiliki sebuah toko kecil, maka kita akan kesulitan untuk menarik perhatian para konsumen. Padahal kenyataannya, besar atau kecilnya sebuah toko bukan menjadi unsur utama dalam menarik konsumen. Ada banyak sekali cara untuk menarik pelanggan agar mau berkunjung ke toko kecil kita. Selain dengan barang dagangan yang menarik, akses, dan lain sebagainya, desain juga menjadi unsur penting. Berikut ini 5 tips mendesain toko kecil agar selalu ramai pengunjung.

1.     Percantik “Wajah” Tokomu

Source: pinterest

Facade atau bagian depan dari toko adalah salah satu bagian terpenting dalam mendesain sebuah toko kecil. “Wajah” toko ini harus bisa didesain sedemikian rupa agar terlihat menarik pengunjung. Bagaimana caranya? Anda bisa memilih beberapa tipe desain sesuai dengan tema. Misalnya anda menyukai tema-tema Eropa. Anda bisa mendesain “wajah” toko anda dengan desain yang mirip-mirip, terinspirasi, atau sama persis dengan toko-toko kecil yang ada di Eropa. Contoh lain, anda ingin orang-orang melihat toko anda sebagai toko yang menawarkan keceriaan. Maka anda bisa memilih warna-warna yang ceria dan desain yang cantik. Ingat, bahwa facad toko anda akan menjadi image utama toko anda. Jadi berkreasilah dengan “Wajah” toko anda.

2.     Atur Posisi Display Barang Daganganmu

Source: pinterest

Setelah selesai mendesain bagian depan toko anda, kini saatnya masuk ke dalam. Bagian interior sebuah toko kecil biasanya menjadi masalah tersendiri, karena space yang kecil sehingga membuat banyak orang merasa terkungkung dengan sedikitnya ruang mendesain dan menata barang dagangan. Padahal ruang yang kecil bukan masalah besar. Anda bisa menentukan posisi display barang dengan menyusunnya berdasarkan yang paling favorit. Misalnya, anda memiliki ruang di bagian tengah yang cukup luas, anda bisa mengkombinasikan dekorasi kreatif seperti menggunakan ranting pohon yang diatur sedemikian rupa dan meletakkan barang anda di antara dekorasi tersebut. Pada intinya, dengan space yang sedikit itu, tunjukkan barang terbaik. Maka keuntungan yang anda dapatkan bisa maksimal.

3.     Maksimalkan Pencahayaan

Source: plexi design

Setelah anda berhasil mengatur posisi penataan barang dagangan anda, sekarang tinggal menyempurkannya dengan pencahayaan. Anda bisa membuat pencahayaan ini sebagai salah satu unsur yang memperkuat desain toko kecil anda. Ketika anda ingin mendesain tata cahaya di toko kecil anda, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pikirkan suasana apa yang ingin anda dapatkan dari toko anda tersebut. Pencahayaan disini berlaku untuk pagi dan malam hari. Untuk yang pagi, anda bisa memanfaatkan pencahayaan matahari dari luar. Sementara untuk malam hari, gunakan lampu-lampu yang sudah anda atur sedemikian rupa, sehingga memunculkan suasana yang anda inginkan. Dengan pengaturan pencahayaan yang tepat, toko anda tidak akan terasa kecil dan sumpek. Apalagi dengan kombinasi penataan barang dagangan yang pas. Toko kecil anda justru bisa jadi dunia kecil bagi para pelanggan.

4.     Dekor Ulang Berkala

Source: linkedin

Tips mendesain toko kecil yang ini mungkin terdengar repot. Anda mungin berkata “Ngapain dekor ulang? Susah-susah dekor, ini malah di dekor ulang! Sia-sia donk!” Anda salah besar! Justru ketika anda terlalu lama pada dekorasi yang sama, maka ucapkan selamat tinggal pada para pelanggan anda. Para pelanggan anda bisa jadi bosan dengan dekorasi yang sama. Maka dari itu, anda harus mendekor ulang secara berkala. Justru dengan dekorasi yang berubah secara berkala dan menggunakan beberapa tema, maka anda bisa menggaet pengunjung lain yang menyukai tema yang anda pakai kala itu. Hal ini menyebabkan toko anda semakin ramai. Hal yang perlu anda pikirkan adalah berapa waktu sekali anda harus mengganti dekorasi. Anda bisa melakukannya 3 bulan, 6 bulan, atau setahun sekali. Ini membuat toko anda selalu fresh dan menarik banyak pelanggan.

5.     Simple, Usefull, Tapi Tetap Cantik

Source: procraft

Tips mendesain toko kecil agar selalu ramai yang terakhir justru menjadi yang paling penting. Ingat 3 prinsip ini ketika anda sedang mendesain toko kecil anda. Dekorasi atau desain yang anda pakai mestilah simple atau sederhana, tepat guna, dan cantik. Simple atau sederhana artinya, dekorasi anda tidak terlalu ramai. Tapi elegan dan tepat setiap keputusan dekorasinya. Usefull artinya semua desain anda tepat guna. Tidak ada satupun unsur desain yang hanya berguna sebagai hiasan saja. Tapi juga mendukung barang yang anda jual jadi terlihat lebih menarik pelanggan. Dan yang terakhir, tetap cantik. Desain sesederhana apapun, harus tetap menunjukkan kecantikannya. Kenapa? Karena cantik itulah yang menjadi salah satu daya tarik di toko kecil anda dan membuat orang bisa datang berkali-kali ke toko anda.

Itulah 5 tips mendesain toko kecil anda biar selalu ramai. Pada dasarnya kecil bukan hambatan jika anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Justru dengan ruang yang kecil, anda bisa memaksimalkannya dan membuat bisnis anda semakin berkembang. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *