Atap Spandek, Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Anda Tahu!

Atap Spandek

Atap adalah salah satu elemen utama untuk sebuah rumah. Tentu saja! Kalau tidak ada atap, rumah tentu tidak lengkap sebagai rumah donk. Bisa aja nih miminnya. Hahaha… Tapi meski anda tahu kalau atap adalah elemen utama rumah, apakah anda tahu sekarang ini atap jenis apa yang sedang ngetren? Bukan atap genteng atau tanah liat lho! Tapi atap spandek. Sudah pernah dengar? Apa itu atap spandek?

Secara sederhana, atap spandek adalah atap yang terbuat dari seng. Ia memiliki material 55% alumunium dan 45% seng. Sisanya menggunakan silicon. Atap ini memiliki kelebihan dan kekurangan, sama seperti material lain. Tapi apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut penjelasannya!

Kelebihan Atap Spandek

Mudah Dipasang

Atap Spandek

Kelebihan yang pertama dari atap tipe ini adalah ia sangat mudah dipasang. Tidak butuh waktu lama untuk memasang atap ini. Ia juga tidak memiliki struktur yang rumit. Selain itu kalau ada angin besar, atap ini lebih aman dari pada atap genteng.

Anti Pecah

Karena bahan dari atap ini adalah alumunium dan seng serta silicon, maka kemungkinan atap ini untuk pecah sangat kecil. Mungkin yang bisa merusak atap ini hanyalah karat saja.

Banyak Pilihan Warna

Ada banyak pilihan warna juga untuk atap jenis ini. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan konsep eksterior rumah anda.

Awet

Atap ini juga sangat tahan lama. Ia bisa bertahan sampai 20 tahun. Hal ini terjadi karena bahan-bahan yang membentuk atap ini.

Kekurangan Atap Spandek

Ruangan Jadi Panas

Kalau untuk kekurangannya sendiri, yang pertama adalah efek pada ruangan dalam yang menjadi lebih mudah panas. Hal itu terjadi karena atap ini punya daya serap yang tinggi.

Berisik Saat Hujan

atap spandek

Tentu saja sangat berisik. Sekarang bayangkan saja, seng atau lempengan besi terkena tetesan air hujan, pasti akan sangat berisik dan membuat anda tidak nyaman kan?

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari Atap Spandek yang perlu anda ketahui. Anda bisa memutuskan memasang atap ini atau tidak tergantung pada kebutuhan dan ketersediaan dana anda. Jadi, kalau anda sudah paham apa kekurangan dan kelebihannya, anda akan memilih dengan lebih bijak dan sesuai. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: