Membuat taman sendiri memang susah-susah gampang. Beberapa orang mungkin berkata bahwa membuat taman sendiri yang paling penting adalah niat dan konsistensi dalam melakukannya. Hal tersebut memang penting, tapi ada hal lain yang juga penting dalam membangun taman sendiri. Seperti misalnya cara-cara atau step untuk memahami bagaimana membangun taman yang baik dan benar. Kami sudah mengumpulkan 5 cara membuat taman sendiri yang bisa anda terapkan di rumah anda. Apa saja cara tersebut? Berikut penjelasannya!

1.     Temukan Ide yang Tepat

Source: Mixergy

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah mencari ide yang paling tepat untuk taman anda. Ada banyak sekali tema dan ide taman yang bisa anda pakai. Seperti misalnya, anda menyukai tanaman-tanaman tropis atau bunga-bunga tropis. Maka anda bisa menggunakannya sebagai ide untuk membuat taman anda. Anda bisa membuat taman bunga tropis dengan warna yang cerah. Ketika anda sudah menemukan ide dan inspirasi taman anda, selanjutnya anda akan tahu langkah apa yang harus anda lakukan. Bagaimana perawatannya, bagaimana seharusnya kondisi tanahnya, dimana lokasi yang paling tepat untuk taman dengan ide anda tersebut, dan lain sebagainya.

2.     Pilih Lokasinya

Source: Yardyum

Hampir semua jenis tanaman, entah itu sayur-sayuran atau bunga harus terkena sinar matahari langsung paling tidak 6 jam setiap harinya. Nah, cara membuat taman sendiri yang kedua adalah memilih lokasi yang tepat. Setelah anda sudah menemukan ide atau inspirasi untuk taman anda, sekarang giliran mencari lokasi yang paling tepat. Pemilihan lokasi bisa dipertimbangkan berdasarkan ide atau inspirasi yang anda dapatkan dan jenis tanaman yang ingin anda tanam.

Dengan dasar pertimbangan semacam itu, anda bisa memilih lokasi yang tepat. Bukan hanya soal estetika letak lokasinya, tapi juga tentang tanah, seberapa sering lokasi tersebut terpapar matahari, dan lain sebagainya yang menunjang kehidupan tanaman anda agar taman anda terus ditumbuhi tanaman yang subur dan membuat taman semakin indah.

3.     Bersihkan dan Perbaiki Kualitas Lahan

Source: Mantis

Setelah anda sudah berhasil mendapatkan lokasi yang paling tepat, periksalah kualitas lahannya. Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu, kemudian mengecek kualitas lahan yang akan anda pakai. Bersihkan lahan tesebut dari sampah, ilalang, atau benda-benda lain yang menghambat pertumbuhan tanaman anda nantinya, atau membuat jelek tampilan taman anda. Selanjutnya periksa kualitas lahan anda. Jika dirasa lahan tersebut kurang sehat untuk tanaman anda, anda bisa memberikan sedikit perawatan untuk lahan tersebut dengan memberikan pupuk kompos dan bentuk perawatan yang lain untuk membuat lahan calon taman anda siap ditumbuhi tanaman dan bunga yang indah.

4.     Mulai Menanam

Source: bonnieplants

Cara membuat taman sendiri yang keempat adalah mulai menanam. Ini adalah cara yang paling mengasyikkan. Tentunya, sebelum anda mulai menanam, anda sudah menentukan tanaman apa yang akan anda tanam. Step memilih tanaman ini bisa anda lakukan bersamaan dengan pencarian ide dan pengecekan lokasi atau kualitas lahan. Ada beberapa tanaman yang ditanam langsung, ada juga beberapa jenis yang ditanam di pot atau media yang lain. Apapun medianya, anda tetap bisa berkreasi, bahkan bisa mengkombinasikan tiap media tersebut sehingga membuat taman anda semakin indah.

Perhatikan juga kedalaman tanaman yang menancap di tanah. Ini penting, karena jangan sampai tidak cukup dalam dan membuat tanaman anda malah mati lebih cepat.

5.     Rawat Dengan Rutin

Source: Patch

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan setelah selesai membangun semua taman anda sendiri adalah merawatnya dengan rutin. Ini juga menjadi salah satu rintangan besar dalam membuat taman sendiri. Biasanya orang hanya excited pada awal-awal pembuatan taman. Tapi ketika sudah sampai pada tahap merawta taman tersebut, mereka suka lupa, malas, dan akhirnya taman tidak terawat dan membuat taman yang anda buat sendiri itu rusak.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan apa-apa saja yang membuat tanaman anda sehat. Merawat artinya memahami dengan baik bagaimana caranya merawat. Rutin memberikan pupuk, menyiram secara berkala sesuai kebutuhan jenis tanamannya, adalah salah satu dari banyak bentuk merawat taman. Ingat, penurut psikolog merawat tanaman bisa menjadi salah satu upaya meditasi diri dan pengendalian diri.

Itu tadi beberapa cara membuat taman sendiri. Pada intinya yang perlu anda lakukan adalah mengumpulkan niat yang kuat untuk membuat taman sendiri lalu memelihara taman tersebut selamanya. Taman bisa menjadi penenang untuk anda dan membuat rumah anda semakin asri dan nyaman.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *