Compact House, Desain Rumah Luas Di Pusat Kota!

Compact House

Sekarang ini harga hunian semakin mahal dan lahan semakin terbatas. Hal itu membuat orang yang ingin punya rumah dihadapkan pada 2 pilihan, tinggal di kota dengan tempat kecil atau di pinggiran dengan tempat luas. Sejatinya persoalan itu bisa mendapatkan jawaban yang paling pas. Jawaban itu adalah Compact House. Sebuah konsep rumah yang memiliki lahan kecil tapi punya fungsi komplit dan ruang yang lega. Tapi bagaimana bisa?

Ide mengenai compact house ini lahir dari kepala Phoebe When dan Sihihwa Hung dari PheobeSayswow Architects. Mereka berhasil mematahkan anggapan bahwa tidak bisa tinggal di sebuah lahan kecil. Mereka berhasil merancan sebuah micro house yang fungsional dengan menerapkan prinsip compact house. Mereka melakukan itu untuk menyiasati luas yang hanya 35 meter persegi di tengah kota Taiwan.

Hal tersebut bisa berhasil karena pada perancangan compact house ini mereka berangkat dari kebutuhan si penghuni rumah. Bukan malah sebaliknya, dari style atau keinginan si pemilik rumah. Sehingga desain yang ada di rumah itu secara sukses berhasil dirancang tanpa ada pembatasan fungsi atau pun kehilangan aspek estetikanya.

Di dalam pembagian ruangan, konsep rumah ini memakai konsep open plan dan juga konsep split level atau pembagian beberapa level. Hal itu bisa memaksimalkan ruang vertikal yang jarang dipakai orang dan akhirnya bisa membagi rumah konsep ini dengan 3 level berbeda. Dengan tidak adanya sekat besar yang memisahkan setiap ruangan, cahaya secara otomatis muncul dari satu sumber yakni jendela. Kemudian cahaya itu bisa menyebar merata dan membuat rumah ini juga hemat energi.

Selain itu arsitek rumah ini juga menerapkan fitur yang menarik. Dimana salah satu dinding di rumah ini diisi sebuah lemari besar yang membentang lurus dari lantai dasar sampai lantai paling atas. Lemari ini bisa menjadi tempat penyimpanan di dapur, bisa menjadi lemari buku di level lantai yang lain, dan bisa menjadi lemari pakaian di level lantai tertinggi. Desain ini juga harus dibarengi dengan pemilihan furnitur yang tepat.

Itu tadi sedikit informasi mengenai compact house. Jadi, apakah anda sekarang tertarik untuk tinggal di tengah kota tapi menggunakan konsep compact house? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: