Focal Point Di Ruang Tamu, Begini Cara Menciptakannya!

Focal Point

Sudah pernah dengar istilah focal point? Focal point artinya elemen yang menjadi fokus, atau elemen yang memberikan kesan pertama dan terus melekat. Ini bisa anda ciptakan dimana saja jika kita merujuk definisinya secara umum. Bisa dari diri kita sendiri, cara berpakaian, dan lain sebagainya. Tapi jika kita bicara dalam ruang lingkup desain, maka kita bicara cara untuk memukau orang-orang yang pertama kali melihat desain kita. Kalau di rumah, seperti yang kita tahu, ruang tamu adalah wajah dari rumah itu sendiri. Maka membuat ruang tamu diperhatikan tamu menjadi penting. Berikut ini cara memunculkan focal point di ruang tamu.

1.    Curi Perhatian Dari Warna Dinding

Cara pertama untuk “mencuri perhatian” para tamu di ruang tamu kita adalah dengan memberikan warna dinding yang menawan di ruang tamu kita. Ada banyak sekali pilihan warna yang bisa memukau para tamu. Tapi, anda tidak bisa serta merta memilih semuanya. Hal yang membuatnya bisa menjadi perhatian adalah ketika konsep ruang tamu anda senada dengan warna yang anda pilih. Dengan begitu para tamu akan terkesan dengan ruang tamu anda.

2.    Pencahayaan Menawan Di Plafon Putih

Cara selanjutnya adalah dengan membuat cahaya yang menawan di langit-langit ruang tamu anda. Ada banyak cara untuk membuat sistem pencahayaan yang menawan. Salah satunya dengan metode menyembunyikan sumber cahaya. Metode ini akan membuat anda seolah tidak memiliki lampu, tapi memiliki cahaya. Biasnya akan memberikan efek yang sangat menarik perhatian tamu anda.

3.    Bisa Juga Munculkan Lebih Dari 1 Focal Point

Kata siapa menarik perhatian itu hanya dari 1 titik saja? Anda tetap bisa menarik perhatian para tamu dari banyak titik. Seperti misalnya anda memberikan perhatian pada dinding, lalu pada pencahayaan, selanjutnya pada furniture, dan lain sebagainya. Ada banyak poin yang bisa anda gunakan untuk menarik perhatian si tamu.

4.    Cermin Sebagai Focal Point

Bicara soal furniture dan dekorasi, maka salah satu cara paling mudah untuk bisa menarik perhatian tamu dari furniture atau dekorasi adalah dengan memasang cermin. Kok bisa? Cermin yang memiliki bingkai antik atau bingkai yang mencuri perhatian, akan membuat tamu menoleh. Bukan hanya itu, secara psikologis, orang akan lebih suka memandang cermin.

Itu tadi setidaknya 4 cara untuk menciptakan focal point di ruang tamu anda. Ketika anda berhasil menciptakan focal point di ruang tamu anda, maka para tamu yang datang akan terpukau dengan ruang tamu anda. Kemudian “wajah” dari rumah anda akan menjadi lebih indah di mata para tamu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: