Properti syariah sekarang ini memiliki posisi tersendiri yang cukup spesial untuk para pebisnis properti atau pun para pembeli yang menginginkan proses beli properti yang tidak memberatkan. Memang banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh para pengembang properti syariah. Misalnya BI checking yang biasanya menjadi penghalang untuk membeli rumah, dihapuskan dari proses pembelian rumah atau unit properti. Selain itu yang paling menarik adalah tidak adanya riba karena semua transaksi yang tidak mengikutsertakan ban tapi langsung antara pengembang dan pembeli.

Tapi dibalik nilai positif yang dimiliki properti jenis ini, apakah memang tidak ada yang perlu dikhawatirkan? Tentu tidak! Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan ketika ingin membeli property syariah. Berikut 3 hal penting yang perlu anda periksa sebelum membeli property syariah:

1.     Cek Ketersediaan Unit

Hal pertama yang perlu anda pastikan adalah ketersediaan unit pengembang tersebut. Biasanya jarang ada pengembang yang menjual rumah siap huni kecuali developer rumah bersubsidi. Biasanya, entah itu pengembang konvensional atau syariah hanya menyediakan rumah contoh untuk para pelanggannya. Kalau sudah begitu, lamanya waktu pembangunan tergantung pada besara DP yang anda berikan. Jika anda membayar Cash, maka mungkin 4 bulan sudah bisa selesai bangun. Tapi semakin kecil DP anda maka akan semakin lama proses serah terima kuncinya.

Nah, untuk memastikan bahwa anda aman membeli property syariah di sebuah developer syariah, alangkah baiknya anda mengecek ketersediaan unit. Bagaimana jika tidak ada unit yang tersedia? Anda bisa mengecek track record pengembang tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti para pengembang nakal yang ingin segera mendapatkan untung dan hal paling buruk yang bisa terjadi adalah anda kehilangan uang yang anda pakai membeli rumah. Jangan sampai itu terjadi.

2.     Lakukan Proses Verifikasi

Source: hipwee

Memang, kalau kita hendak bicara kegagalan, tidak hanya property syariah saja yang bisa mengalami hal ini, yang konvensional juga sering melakukan praktik nakal. Nah, untuk mengurangi hal tersebut anda harus aktif untuk melakukan proses verifikasi ke pengembang itu. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk melakukan proses verifikasi. Salah satunya adalah datang ke Developer Properti Syariah, sebuah komunitas yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Mereka memiliki semacam database developer syariah yang terpercaya. DPS bisa menjadi salah satu cara anda untuk memverifikasi pengembang.

3.     Hubungi Komunitas Developer

Source: google

Seperti yang sudah saya katakan di point kedua, menghubungi komunitas developer itu juga hal penting yang perlu anda lakukan ketika ingin membeli property syariah. Carilah komunitas developer yang menurut anda terpercaya dan memiliki sistem penilaian yang jelas dan bisa anda lihat dan teliti. Dengan begini anda akan semakin mengurangi kemungkinan merugi karena ingin membeli property syariah.

Itu tadi 3 hal yang harus anda lakukan sebelum anda membeli property syariah. Meskipun memiliki banyak sekali nilai positif yang secara tidak langsung juga menguntungkan anda, anda tetap harus berhati-hati.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *