Sekarang ini banyak sekali hunian yang memunculkan ide-ide ruangan baru. Salah satunya adalah balkon tertutup. Balkon yang biasanya terbuka, kali ini dibuat tertutup. Jadi ia seperti ruangan indoor, tapi sejatinya ia ruangan outdoor. Nah, jika anda tertarik untuk membuat ruangan yang semi indoor sekaligus semi outdoor ini, ada hal-hal yang wajib anda perhatikan. Berikut ini 4 hal penting yang wajib anda perhatikan sebelum memulai membangun balkon tertutup.

1.     Perhatikan Arah Sinar Matahari

 

Hal pertama yang wajib anda perhatikan adalah soal arah sinar matahari. Kenapa ini jadi penting? Karena kalau anda tidak memperhatikan arah sinar matahari, balkon anda justru akan jadi tidak nyaman ketika terpapar sinar matahari. Ia malah akan jadi sangat panas. Nah, tips yang paling tepat untuk memilih arah sinar matahari yang mana yang enak adalah ketika matahari terbit di pagi hari. Anda bisa memilih angle ini untuk mendapatkan asupan vitamin D setiap pagi dan ketika senja, anda bisa menikmati kesejukan angin senja tanpa repot terkena panasnya matahari. Atau anda lebih suka melihat matahari terbenam dari pada matahari terbit? Semua kemballi pada selera dan kebutuhan anda.

2.     Perhatikan Ketinggian Pagar

 

Tips selanjutnya adalah memperhatikan ketinggian pagar dari balkon ini. Ini bertujuan untuk membuat aman dan nyaman semua orang yang berkegiatan di balkon tersebut. Jika anda punya anak, maka usahakan pagar balkon anda tidak terlalu pendek. Usahakan juga pagar balkon anda sesuai dengan raihan tangan anda. Jadi jangan sampai terlalu pendek atau terlalu tinggi. Nanti malah jadi tidak nyaman.

3.     Pilih Materi Balkon Tertutup yang Tepat

 

Materi atau yang membangun balkon ini juga sangat penting. Ada banyak sekali pilihan material yang bisa anda pilih untuk membangun balkon tertutup. Misalnya anda suka dengan material yang kokoh, maka anda bisa memilih material besi. Atau anda ingin mendapatkan sentuhan minimalis, maka anda bisa tetap memilih besi sebagai rangka, lalu anda memilih material lain untuk dinding, pagar, dan lantai balkon anda.

4.     Kontruksi Jangan Sampai Lupa!

 

Ini yang paling penting. Jangan sampai berani-berani anda melupakan soal yang satu ini. Ketika anda hendak membangun sebuah balkon, anda harus memperhatikan betul konstruksinya. Pastinya ia tak hanya bagus dan indah, tapi juga kuat dan kokoh dalam jangka waktu yang lama. Selain itu jika balkon anda di lantai 2 atau 3, pastikan ia kuat ditumpangi oleh banyak orang. Jangan sampai ketika ada acara tertentu, balkon anda tidak kuat menopang beratnya hingga runtuh. Itu akan sangat berbahaya.

Itu tadi 4 hal yang wajib anda perhatikan ketika anda ingin membuat balkon tertutup. Sejatinya, yang paling penting justru soal kebutuhan anda. Balkon tertutup seperti apa yang anda butuhkan. Tapi tetap jangan lupa soal keamanan dan kenyamanan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *