Insulasi Atap, Cara Membuat Rumahmu Tetap Sejuk

insulasi atap

Sudah tidak menjadi sebuah rahasia kalau sekarang ini bumi terasa semakin panas. Hal tersebut karena lapisan ozon yang terus menipis. Bukan hanya di luar ruangan saja yang terasa panas, tapi di dalam ruangan juga terkadang terasa panasa dan gerah. Ketika anda merasakan hal tersebut, anda pasti berusaha untuk mendapatkan udara yang lebih sejuk kan? Berbagai cara anda gunakan, mulai dari memasang kipas angin, AC, menanam pohon, dan lain sebagainya. Tapi semua cara itu kadang juga tidak berhasil membuat rumah lebih dingin. Atau jika berhasil pun, malah akan membuat ozon semakin menipis, seperti AC. Nah, ada salah satu cara yang bisa membuat suhu dalam ruangan semakin sejuk. Kuncinya terletak di atap. Caranya adalah dengan melakukan insulasi atap. Apa itu insulasi atap?

1.     Apa Itu Insulasi Atap?

Insulasi atap ini diketahui sebagai benda yang punya fungsi untuk meredam panas dari bagian atap. Denganadanya insulasi atap ini bisa membuat ruangan yang ada di bawahnya terasa lebih sejuk. Anda bisa langsung menempelkan elemen ini di atap. Bukan hanya meredam panas saja, cara ini juga bisa meredam suara lho. Sebagai contoh, ia bisa mengurangi suara rintik hujan yang kena atap.

2.     Anatomi Insulasi Atap

 

Ketika anda menginsulasi atap, ada banyak jenis insulator yang dijual dipasaran. Salah satunya yang paling sering dipakai adalah termal alumunium foil. Jenis yang satu ini punya 2 lapisan utama dan saling bekerja sama untuk meredam panas. Di lapisan pertama adaalumunium foil yang berguna untuk merefleksikan panas matahari sampai 97% sehingga panas dalam ruangan berkurang 45%. Lapisan ini juga mengurasi suara sampai 7db. Lalu lapisan kedua ada lapisan berongga yang mana terdiri dari 3 pilihan bahan yakni plythylene, bubble pack, dan juga glasswool. Bahan polythylene ini jgo mengurangi suara air hujan, sementara bubble pack bisa mengurangi suhu panas.

3.     Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Ketika sinar matahari menyinari atap, akan ada 2 peristiwa, yakni pemantulan dan juga penyerapan. Panas matahari diserap oleh atap lalu diteruskan ke dalam ruangan. Tapi dengan menggunakan insulasi atap, dia akan menghalangi panas tersebut lalu menangkapnya dan menyimpannya dalam lapisan insulasi yang berongga. Sehingga ruangan tidak terlalu panas.

Itu tadi sedikit pengetahuan tentang insulasi atap. Ada banyak jenis insulasi yang dijual di pasaran. Tapi yang paling sering dipergunakan adalah alumunium foil, bubble foil, dan juga glasswool. Jadi bagaimana? Tertarik menggunakan cara ini untuk mengurangi panas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: