Jangan Asal Pilih Bohlam! Berikut 4 Tips Memilih Bohlam!

Tips Memilih Bohlam

Anda pasti tahu bahwa setiap rumah itu membutuhkan bohlam sebagai alat penerangan. Setiap ruangan pasti membutuhkan bohlam. Nah, untuk memilih bohlam pada tiap ruangan itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Tapi tidak bisa diremehkan begitu saja. Sebab, kalau salah pilih bohlam, akan ada banyak kekurangan yang anda dapatkan. Seperti listrik yang boros, tingkat pencahayaan yang kurang tepat, dan lain sebagainya. Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka anda harus tahu tips memilih bohlam yang tepat. Apa saja tipsnya? Berikut 4 di antaranya!

1.    Mengenali Jenis Bohlam

Tips pertama sebelum anda memilih bohlam mana yang akan anda pakai adalah dengan mengetahui jenis-jenis bohlam. Sekarang ini stidaknya ada 7 jenis bohlam. Selain lampu pijar, yang klasik itu, ada juga neon, pijar fosfor, CFL atau Compact Fluorescent Lights yang merupakan lampu pijar dengan tenaga elektrik. Lalu ada juga HID atau High Intensity Discharge, halogen, dan Hybird Halogen-CFL. Nah, setiap jenis lampu itu punya karakteristiknya masing-masing. Mulai dari tingkat kecerahan, hemat listrik atau tidak, dan segala macam. Dengan tahu jenis dan karakteristiknya, anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

2.    Pilih Pitingan yang Pas

Selain jenis, anda juga harus memiliki pitingan atau fitting, atau dudukan yang tepat. Takutnya ketika anda beli bohlam, ternyata antara dudukan dan tempat lampu dipasang tidak cocok. Anda nanti malah akan rugi. Jadi perhatikan betul fitinggannya.

3.    Tips Memilih Bohlam Dengan Tidak Melihat Dari Harga Saja

Harga itu sejatinya tidak memberikan jaminan sepenuhnya. Anda harus tahu betul kualitas produk itu. Kalau ia memiliki kualitas yang baik, meski harganya mahal, maka anda bisa memilih lampu itu. Kenapa? Bayangkan, kalau harganya 100 ribu tapi anda bisa memakainya selama 10 tahun, itu artinya anda hanya perlu keluar 10 ribu pertahun saja kan? Murah kan? Dari pada anda membeli yang murah banget, atau yang kualitasnya tidak terjamin, malah sering ganti lampu. Tekor nanti!

4.    Pilih Berdasarkan Tingkat Kecerahan dan Kebutuhan Warna

Ketika anda memilih bohlam, pastikan anda memilih tingkat kecerahan dan warna sesuai yang anda butuhkan. Jangan sampai terlalu cerah dan warnanya tidak cocok. Bagaimana caranya biar tahu? Anda tinggal memperhatikan konsep ruangan anda, luas ruangan, warna dominan di ruangan tersebut, baru memutuskan lampu mana yang akan anda pilih.

Jadi jangan anggap sepele ketika anda membeli bohlam ya! Karena dengan memilih bohlam yang tepat, maka anda bisa menghemat listrik, memperindah desain rumah anda, dan membuat anda lebih nyaman berada di ruangan tersebut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: