Kayu Eboni, Kayu Langka Dari Sulawesi dan Faktanya!

Kayu Eboni

Indonesia merupakan salah satu negara tropis terbesar di dunia yang di dalamnya terdapat berbagai macam sumber daya dengan kualitas terbaik. Mulai dari flora hingga faunanya. Hingga pada jenis kayu yang tumbuh di negeri Pertiwi ini, juga sangat beragam dan tentunya punya kualitas terbaik. Bahkan namanya sudah sampai ke manca negara. Salah satu jenis kayu yang memiliki nama termasyur di dunia adalah sebuah kayu dari Sulawesi yang memiliki nama Kayu Eboni Makasar. Kita akan membahas sedikit soal beberapa fakta dari jenis kayu yang menakjubkan ini. Berikut beberapa faktanya;

1.    Kayu Eboni yang Terus Diburu

Kayu Eboni

Fakta yang pertama adalah kenyataan bahwa kayu ini terus diburu. Tentu bukan tanpa alasan. Karena memang kayu ini memiliki kualitas yang sangat baik. Nah, yang mau kami sampaikan justru bukan betapa masyarakat menggandrungi kayu ini, tapi kenyataan bahwa kayu ini semakin sedikit persediaannya dan bahkan terancam punah. Bahkan berdasarkan data dari World Concervation Union (IUCN) yang sudah mengeluarkan daftar spesia yang terancam punah, Kyu ini ada di kategori Vulberable yang artinya sudah beresiko tinggi punah!

2.    Asal Muasal Kayu Eboni

Sebenarnya dari mana sih asal kayu ini? Kayu yang memiliki nama lain Black Ebony atau Makassar Ebony atau juga bernama biologis Diospyros Celebica ini tumbuh di pulau Sulawesi. Kayu ini tumbuh dan tersebar di hampir seluruh bagian pulau Sulawesi. Kalau soal asalnya dari daerah mana, kami tidak bisa memastikan.

3.    Karakteristiknya

Kayu yang satu ini punya karakteristik warna yang tidak teratur dengan guratan dan juga bercak yang acak. Warnanya biasanya dominan coklat kemerah-merahan dan juga hitam. Tekstur dari kayu ini sendiri memiliki sifat yang halus dengan serat yang lurus atau sedikit berpadu. Ia juga memiliki permukaan yang licin dan kelihatan sempurna bahkan tanpa di amplas.

4.    Manfaat dan Sang Kayu Langka

Kayu ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Ia yang sama terkenalnya dengan gaharu ini biasnaya diolah untuk menjadi kerajinan tangan atau produk yang punya harga tinggi. Seperti misalnya mebel, patur, ukiran, alat musik, sampai kipas.

5.    Harga yang Sangat Mahal

Mau tahu harga kayu ini? Harga dari kayu ini bisa mencapai 30 juta rupiah per meter kubik! Itu kalau di pasar internasional. Kalau di Indonesia harganya bisa mencapai 6-10 juta!

Itu tadi beberapa faktas dari Kayu Eboni. Apakah anda adalah salah satu pengguna kayu ini? Atau anda malah baru mendengar jenis kayu yang satu ini. Kalau saran kami, pergunakanlah jenis kayu yang lain. Karena kondisi kayu ini yang hampir punah, lebih baik fokus untuk membudidayakan sehingga jumlahnya banyak dan bisa dimanfaatkan secukupnya dan dengan cara yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: