Kayu Gaharu, Kenal Lebih Dalam Kayu Termahal Di Dunia

kayu gaharu

Bukan cuma Jati dan Ulin saja, Indonesia masih punya banyak jenis kayu lain yang punya banyak  manfaat dan khasiat, salah satunya adalah  kayu gaharu. Pernah dengar jenis kayu ini? Atau, sudah tidak asing? Kayu ini adalah salah satu kayu yang populer karena punya banyak keunggulan. Misalnya bisa dipakai untuk material bangunan, furniture, hingga kesehatan dan aksesoris.

Kayu ini juga dikenal di mancanegara lho. Mulai dari China, Jepang, Arab, dan lain sebagainya. Tapi kayu ini memang punya harga yang sangat mahal karena demands yang tinggi tapi stock yang sedikit.

 

Apa sih Kayu Gaharu itu?

Kayu ini adalah kayu yang berasal dari sebuah spesies pohon yang punya nama Aquilaria spp atau Thymelaeaceae. Kayu ini sangat langka dan membuatnya menjadi salah satu pohon dengan harga termahal di dunia. Sebenarnya selain gaharu yang ada di Indonesia, jug ada jenis spesies gaharu lain yang jumlahnya sekitar 20 jenis dan tersebar di Asia Tenggara. Sementara Indonesia sendiri punya 6 spesies yang ada di Sulawesi, Papua, Sumatera, dan Kalimantan.

Pohon Gaharu sendiri punya karakteristik seperti bisa tumbuh besar sampai 35-40 meter dan punya diameter hingga 40-60 cm. Kayu ini biasanya berwarna hitam pekat dan mengandung resin di bagian gubalnya. Nah, resin di kayu ini bisa dipakai untuk pelengkap parfum juga lho. Sementara itu daun dari pohon ini punya bentuk yang lonjong dengan panjang 5-8 cm dan lebar 3-4 cm. Ia juga berbuah dengan warna kemerahan dan punya kulit yang sedikit berbulu.

 

Apa Ciri Kayu Gaharu Super Dilihat Dari Jenisnya?

Pertama adalah gubal gaharu super yang punya warna kayu hitam merata dan punya wangi yang kuat. Lalu ada gubal gaharu super A dan B yang kualitasnya ada di bawah gaharu super. Warna kayu ini biasanya coklat dan sedikit hitam serta agak wangi. Selanjutnya ada juga gubal gaharu sabah super. Kalau kayu yang ini kualitasnya di bawah gaharu super A dan B. Ia punya warna yang cenderung coklat, tidak terlalu wangi, dan aroma yang sedikit kuat. Lalu yang terakhir ada gubal gaharu kelas C. Ini adalah kelas terbawah, karena ia hanya punya warna sedikit hitam dan garis putih, punya kepingan tipis, dan jauh lebih rapuh.

Apa saja Manfaat Gaharu?

Kayu ini bisa dipakai untuk bahan bangunan dan furniture interior rumah. Warna kayunya yang hitam membuat banyak pihak memakainya sebagai pelengkap bangunan. Semisal kusen pintu dan lain sebagainya. Kayu ini bisa juga dipakai untuk perabotan dan furniture rumah. Selain itu juga bisa dipakai untuk dekorasi yang menyempurnakan ruangan.

Selain itu kayu ini juga bisa dipakai untuk bahan dasar pembuatan sampo dan kosmetik karena ia memiliki wangi dan aroma yang khas bahkan cenderung wangi dan disukai banyak orang. Selain itu sekarang gaharu juga biasa dipakai untuk aksesoris seperti gelang dan liontin. Ia bahkan dipakai juga untuk tasbih.

Selain untuk perabot, parfum, dan aksesoris, gaharu juga dipakai untuk obat-obatan. Ia dipercaya bisa mengobati ginjal, sembelit, kembung, diare, masuk angin, hingga hipertensi dan asma. Bahkan gaharu juga dipakai dalam ritual kebudayaan dan adat istiadat.

 

Berapa Harganya?

Seperti yang sudah dikatakan di atas, kayu ini punya harga yang sangat mahal. Biasanya harga mahal tidaknya gaharu dilihat dari gradenya. Untuk grade tertinggi biasa disebut gubal gaharu kualitas super king yang sulit di temukan. Harganya bisa ratusan juta rupiah perkilonya! Tapi gaharu kualitas super king susah ditemukan. Ada juga yang direkayasa atau inokulasi dengan kelas medang. Harganya juga tetap mahal, yakni 20 juta perkilonya. Kalau untuk chip gaharu yang kualitas tinggi bisa dijual dengan harga 53 juta perkilo.

Untuk harga terendah dari gaharu ini sekitar 300 ribu dan yang tertinggi bisa mencapai 100 juta bahkan lebih. Mahal sekali kan?

Itu tadi sedikit informasi mengenai kayu termahal di dunia. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: