Kelebihan Vertikultur, Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

vertikultur

Apakah anda pernah mendengar kata vertikultur? Vertikultur ini berasal dari 2 kata yakni vertical dan culture. Dari dua kata itu didapatkan definisi budaya bercocok tanaman dengan cara bertingkat atau vertikal. Karena bentuknya yang vertikal ini lah vertikultur pas sekali untuk dipasang di tempat tinggal yang sempit. Anda tak perlu bingung karena anda bisa menggunakan berbagai macam penopang dan mengganti pot dengan banyak cara. Misalnya menggunakan rak susun, rak gantung, botol air, dan lain sebagainya.

Vertikultur tidak hanya sebatas menghemat ruang. Vertikultur ini juga punya fungsi penghijauan yang bisa diterapkan di areal perkotaan sehingga bisa lebih sejuk dan hijau. Bisa jadi salah satu bentuk dukungan anda terhadap penghijauan kota nih! Tapi, apa saja sih sebenarnya kelebihan vertikultur? Berikut penjelasannya;

1.     Menghemat Ruang dan Pupuk

 

Kelebihan pertama yang wajib anda tahu tentang vertikultur ini adalah bahwa ia sangat menghemat ruang. Konsep bercocok tanam ini tidak menghabiskan banyak ruang. Ia lebih efektif dalam penggunaan ruang. Selain itu ia juga hemat pupuk. Hal itu karena setiap tempat yang dijadikan tempat tanaman memiliki media tanah yang efektif. Ia tidak terlalu luas atau tidak terlalu banyak. Jadi penggunaan pupuk bisa lebih sedikit dan lebih diefektifkan.

2.     Resiko Gulma yang Lebih Kecil

 

Biasanya ketika anda bertanam dengan menggunakan sistem horizontal akan memunculkan banyak gulma. Kalau dengan konsep bercocok tanam yang satu ini, anda tak perlu khawatir. Karena ia berbentuk vertikal, akan sangat kecil kemungkinan terdapat gulma di tanaman anda. Selain itu anda juga tidak perlu menggunakan banyak pestisida untuk mengusir hama-hama itu. Jadi tanaman anda lebih hijau dan sehat alami.

3.     Mudah Dipindahkan

 

Karena wadah dari konsep bertanam ini tidak terlalu besar, anda bisa dengan mudah memindahkannya dari satu tempat ke tempat lainnya. Ketika anda memindahkan tanaman tesebut, anda harus berhati-hati jangan sampai buah dan bunganya rontok.

4.     Bisa Panen Sendiri

 

Ketika anda memiliki kebun kecil-kecilan, anda akan mendapatkan banyak sayuran dan buah yang bisa anda pergunakan juga. Dengan bertanam anda bisa mengkonsumsi sayuran dan buah tanpa harus ke pusat perbelanjaan. Kualitas tanaman vertikultur ini juga tidak perlu anda ragukan, karena anda sendiri yang menjadi pengawas pertumbuhannya.

Itu tadi kelebihan vertikultur yang wajib anda tahu. Nah, sekarang jika anda sudah tahu kelebihannya, apakah anda masih ragu untuk memasang taman vertikal ini di rumah anda? Lahan sempit atau luas bukan halangan konsep yang satu ini. Bagaimana? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: