Sekarang ini pemakaian lantai parket sudah sangat umum di dunia interior. Pelapis lantai yang terbuat dari kayu press ini bisa memberikan nuansa hangat di setiap ruangannya. Tapi sayangnya, pemakaian lantai parket ini sangat rentan kerusakan dan sering mengeluarkan bunyi berderit yang mengganggu. Nah, sekarang bunyi berderit semacam itu sudah bisa dihindari dengan memasang keramik kayu. Apa sih keramik kayu? Dan kenapa dia bisa dijadikan alternatif pengganti lantai parket? Berikut penjelasannya;

1.     Apa itu keramik kayu?

 

Keramik kayu ini adalah sebuah pelapis lantai yang sebenarnya terbuat dari keramik, tapi ia memiliki motif seperti kayu. Kalau anda bisa melihatnya sekilas, maka anda tidak akan mengenali bahwa lantai kayu ini sebenarnya bukan terbuat dari kayu, tapi hanya keramik. Perbandingan sederhananya begini, kalau keramik yang seperti kayu ini bahan dasarnya tanah liat sementara lantai parket itu bahan dasarnya kayu. Biasanya yang diapakai adalah kayu jati atau campuran. Tapi secara tampilan, mereka berdua sangat mirip.

2.     Apa Saja Keunggulannya?

 

Material yang satu ini punya keunggulan antara lain, pemasangan yang gampang seperti keramik karena Cuma butuh semen untuk merekatkan. Material ini juga tidak akan berderit ketika diinjak. Selain itu pilihan warna dan rupa juga sudah sangat banyak. Jadi anda bisa memilih yang paling pas dengan kebutuhan interior rumah anda. Nah, karena ini dibuat pabrik, maka jangan khawatir kehabisan warna dan serat, karena pasti diproduksi dalam jumlah banyak. Sementara kalau parket itu sebaliknya, bisa jadi stoknya terbatas.

Selain itu lantai dengan menggunakan keramik kayu ini tidak menyerap panas. Jadi rumah akan tetap terasa sejuk. Meski di luar sedang panas.

3.     Apa saja Pilihannya?

 

Secara umum, ada banyak sekali pilihan warna dari material yang satu ini. Seperti misalnya cotton wood, golden oakwood, wood soft brown, flat doff walnut wood, redish brown, dan lain sebagainya. Warna dari material ini memang sengaja dibuat semirip mungkin dengan kayu asli. Jadi tetap terlihat alami.

4.     Bagaimana cara merawatnya?

 

Untuk cara merawatnya sendiri tidak sulit. Caranya sama seperti merawat lantai keramik biasa. Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya secara teratur, setidaknya sehari sekali. Anda pun bisa menggunakan obat pel apa saja. Anda juga harus ingat, material ini tidak perlu anda beri lapisan wax, karena akan membuat tampilan lantai malah jadi kusam.

Itu tadi beberapa pengetahuan mengenai material yang satu ini. Bisa jadi alternatif kan? Dari pada ribet! Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *