Mau Memakai Material Baja Ringan, Ketahui Hal Ini Dulu!

Material Baja Ringan

Kita semua tahu bahwa atap adalah bagian penting dari sebuah hunian. Atap memiliki guna untuk melindungi bagian dalam rumahd ari panas dan hujan. Kalau kita melihat atap, maka ada banyak jenis atap. Mulai dari atap genteng, atap spandek, seng dan lain sebagainya. Setiap jenis atap itu pun memiliki cara pemasangan yang beragam. Kalau dulu orang-orang sering menggunakan kayu sebagai rangka dari atap, sekarang ada material baru yang menjadi pengganti kayu dan dikatakan lebih kuat dari kayu dan lebih tahan lama. Material itu adalah baja ringan. Nah, bicara soal material baja ringan ini ada hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum memakai material ini. Apa saja itu?

 

1.    Sesuaikan Dengan Model Atap Sebelum Memakai Material Baja Ringan

Material Baja Ringan

 

 

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memasang material baja ringan adalah memperhatikan model atapnya. Rangka baja ringan ini bisa menyesuaikan variasi model atap yang anda mau. Tapi ia harus disesuaikan dengan beban yang akan ditopang. Jika ingin memastikan kekuatan dari rangka tersebut, pastikan mereka memiliki jarak yang cukup rapat agar bisa menopang dengan baik.

 

2.    Sesuaikan Dengan Jenis Penutupnya

 

 

Penutup dari rangka baja ini juga menjadi hal yang harus anda ketahui sebelum memakai material ini. Anda bisa menggunakan berbagai macam penutup seperti misalnya genteng biasa, keramik, beton, asbes, sampai kaca dan lain sebagainya. Ingat, tetap sesuaikan dengan bobotnya. Jangan sampai berat yang ditopang terlalu besar. Berbahaya!

 

3.    Perhatikan Sistem dan Kualitas Material Baja Ringan

 

 

Kualitas dari material ini juga penting. Ketika anda hendak membeli baja ringan, pastikan anda tahu sebaik apa kualitas dari baja tersebut. Anda bisa bertanya pada pembeli, atau membaca beberapa review atau langsung bertanya pada kontraktor yang membangun rumah anda. Mereka seharusnya lebih paham soal itu. Atau hitung kualitas baja ringan dengan SAE grade sebagai patokan. Dimana baja ringan yang kualitasnya bagus itu SAE gradenya 980.

 

4.    Pilih yang Bergaransi

 

 

Prinsip ini sebenarnya sama seperti prinsip membeli barang yang lain. Anda harus memperhatikan apakah ada jaminan garansi atau tidak. Tentunya agar anda tidak kecewa dan kalau rusak sebelum masa garansi habis, anda bisa menukarnya.

Itu tadi hal-hal yang harus anda ketahui sebelum memakai Material Baja Ringan. Anda harus selalu memperhatikan hal ini. Tentu agar anda tidak salah memilih material dan malah berakibat buruk untuk anda dan rumah. semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: