Perhatikan! Ini 5 Hal Penting Saat Memilih Arsitek!!

Ketika anda ingin membangun rumah sendiri, maka ada banyak hal yang harus anda pikirkan. Mulai dari biaya, hingga desain rumah anda. Ada beberapa orang yang memutuskan untuk mendesain rumahnya sendiri, ada juga yang menggunakan jasa arsitek. Nah, jika anda adalah salah satu orang yang ingin menggunakan jasa arsitek, maka artikel ini penting untuk anda baca. Ada setidaknya 5 Hal Penting Saat Memilih Arsitek yang harus anda perhatikan. Berikut ini 5 Hal Penting Saat Memilih Arsitek yang wajib anda ketahui agar proses pembangunan rumah impian anda bisa lancar dan terwujud sesuai mimpi anda.

1.      Perhatikan Portofolionya

Source: examples

Ketika anda ingin membangun rumah impian anda dan memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah melihat portofolio sang arsitek. Biasanya tanpa anda meminta pun sang Arsitek juga akan menunjukkan rekam jejak karyanya. Meskipun begitu anda perlu tetap memperhatikan dengan baik apa saja yang sudah pernah ia desain dan bangun. Memperhatikan portofolio menjadi Hal Penting Saat Memilih Arsitek. Ingat, jangan hanya melihat seberapa banyaknya projek yang sudah ia bangun, tapi lihat apakah projek itu berhasil atau tidak.

2.      Apa Penilaian Orang Lain Terhadap Arsitek Tersebut

Source: google

Hal Penting Saat Memilih Arsitek yang kedua adalah penilaian orang lain terhadap arsitek tersebut. Orang lain disini maksudnya adalah pihak-pihak yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan sang arsitek. Dengan melakukan hal tersebut, anda mendapatkan penilaian yang lebih objektif. Anda tidak hanya akan mendapatkan hal bagus saja dari arsitek. Anda juga bisa mendapatkan hal yang mungkin kurang pas dari orang lain yang pernah bekerja sama dengan sang arsitek. Disarankan untuk tidak menanyakan penilaian satu orang saja. Semakin banyak orang yang anda tanya soal kinerja sang arsitek, maka anda akan semakin objektif menilai dan bisa memutuskan dengan baik siapa yang akan membangun rumah anda.

3.      Pilih yang cepat dan tepat waktu

Source: soldierelitecleaning

Poin ketiga yang harus anda perhatikan ketika hendak memilih arsitek adalah kecepatan dan ketepatan kerjanya. Anda pastinya tak ingin pembangunan rumah anda molor atau sangat lama kan? Maka memilih arsitek yang cepat dan tepat waktu dalam bekerja adalah solusi terbaik. Anda bisa menilai apakah dia cukup cepat dan tepat waktu dari bekerja dengan melihat portofolio. Selain itu dengan menanyai orang-orang yang pernah bekera sama dengannya juga membantu anda menilai. Salah satu yang mungkin paling mudah untuk anda lakukan adalah melihat apakah ia akan datang tepat waktu, molor, atau lebih cepat ketika mengadakan janji bertemu dengan anda. Jika ia datang tepat waktu atau lebih cepat maka kemungkinan besar ia punya etos kerja yang baik dan bisa kerja dengan cepat dan tepat waktu. Sebaliknya, jika telat, anda bisa mempertanyakan hal tersebut.

4.      Ketahui Kepribadian Sang Arsitek

Source: dribbble

Setelah anda memilh arsitek dengan etos kerja yang baik, saatnya anda mulai melihat kepribadian sang arsitek. Apakah ia cukup enak untuk diajak bekerja sama, atau sebaliknya. Hal ini menjadi penting ketika anda, yang ingin membangun rumah impian, mungkin akan sangat cerewet dengan desain dan segala macam proses pembangunan rumah tersebut. Maka dari itu, mengetahui kepribadian sang arsitek juga menjadi hal penting untuk memilih arsitek. Jangan sampai anda memilh arsitek yang tidak bisa anda ajak kerja sama. Jika hal itu terjadi, maka proses pembangunan rumah anda tidak akan maksimal.

5.      Tanyakan Sistem Kerja

Source: CA.gov

Ketika anda sudah yakin denga arsitek tersebut, maka sekarang tinggal menanyakan sistem kerja, upah, dan yang berkaitan. Anda harus menanyakan sedetail mungkin mulai dari berapa lama proses merancang desain, berapa kali revisi diperbolehkan, hingga meminta SPK atau Surat Perjanjian Tertulis. Dengan adanya surat tersebut, anda bisa sedikit lebih aman ketika arsitek yang anda pilih lalai dengan kewajibannya.

Itu tadi 5 hal penting saat hendak memilih arsitek. Anda wajib mempertimbangkan banyak hal sebelum mempercayakan pembangunan rumah anda pada arsitek tersebut. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: