Surat yang Harus Dicek Ketika Membeli Rumah

Surat yang Harus Dicek

Ketika anda membeli rumah, pasti anda akan sangat bahagia? Dalam kebahagiaan itu kadang seseorang jadi lupa diri dan melupakan hal-hal penting dalam pengambilan keputusan. Salah satunya ketika berhasil membeli rumah. Ketika anda membeli rumah, anda harus bisa mengontrol diri untuk bisa memperhatikan hal-hal penting yang berpengaruh ke depannya nanti. Salah satu yang wajib anda perhatikan adalah surat-surat dari rumah tersebut. Berikut ini surat yan harus di cek ketika anda membeli rumah.

1.    Surat yang Harus Dicek Pertama Adalah Sertifikat Tanah

Surat yang harus dicek pertama adalah sertifikat tanah. Anda harus memastikan rumah tersebut punya sertifikat tanah dan pastikan bukan girik. Kenapa? Karena girik adalah tanda kepemilikan tanah berdasarkan hukum adat. Dimana tanah itu sangat berpotensi sengketa. Jadi amannya, pastikan tanah tersebut punya SHM atau Sertifikat Hak Milik. Itu yang paling aman karena bisa berlaku selamanya. Tapi sekali lagi, cek lagi SHM itu apakah sudah tertera di kantor pertanahan setempat? Cek juga berapa luasnya, jangan sampai tertipu.

2.    Cek Akta Jual Belinya

Surat yang harus dicek berikutnya adalah AJB atau Akta Jual Beli. AJB adalah bukti dari transaksi jual beli atas properti tersebut. Sebelum SHM jadi, AJB wajib ada terlebih dahulu karena itu adalah bagian yang tidak terpisahkan. AJB juga harus ditanda tangai notaris agar sah menurut hukum.

3.    Teliti IMB atau Izin Mendirikan Bangunannya

Pastikan juga ada IMB, karena kalau tidak ada pemerintah bisa membongkar rumah anda karena menyalahi aturan. Pastikan juga dat-data yang tertera di IMB itu sesuai dengan data yang ada di lapangan.

4.    Pastikan Tanda Lunas Tagihan dan PBB Rumah Tersebut

Kalau anda membeli rumah bekas, pastikan PBB dan tagihan mulai dari listrik sampai air dan telepon harus ada dan terbayar dengan lunas sebelum anda menempati rumah tersebut. Ini juga berlaku untuk rumah baru yang siap huni ya. Jadi perhatikan baik-baik tagihan PBB dan Listrik, Telpon, sampai Air.

Itu tadi setidaknya 4 surat yang harus dicek ketika anda hendak membeli rumah. Anda harus memperhatikan surat-surat tersebut ketika anda mau membeli sebuah rumah. Jangan sampai karena kegirangan bisa membeli rumah, anda malah lupa hal-hal penting ini. Karena kalau sampai lupa anda bisa dirugikan banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: