Tips Mengatur Pencahayaan Di Tiap Ruangan

tips mengatur pencahayaan

Semua orang mungkin berpikir bahwa yang paling penting dari pencahayaan di rumah adalah soal gelap dan terang. Jadi intinya, setiap ruangan harus terang dan itu sudah cukup. Hal itu membuat pencahayaan selalu disepelekan dan diabaikan. Padahal elemen yang satu ini punya peranan yang penting untuk menunjang kenyamanan entah itu di dalam atau di luar rumah. Ruangan anda tidak akan berfungsi maksimal kalau pencahayaannya tidak tepat. Selain itu, pencahayaan juga menjadi sentuhan akhir yang bisa membuat ruangan lebih indah. Maka dari itu tips mengatur pencahayaan di tiap ruangan itu penting. Tiap ruangan beda aturan pencahayaannya. Lalu bagaimana seharusnya mengatur pencahayaan di tiap ruangan? Berikut tipsnya;

1.     Pencahayaan Di Ruang Tamu

 

Tips pertama adalah mengatur pencahayaan di ruang tamu. Di ruangan ini tergantung pada luasnya ruangan dan penataan furniturenya. Kalau luas, maka anda bisa membagi areal pencahayaan. Anda bisa meletakkan pencahayaan sentral di area yang menjadi tempat berkumpul. Sementara itu anda bisa menampahkan lampu dengan intensitas sedang agar lebih hangat dan intim. Anda bisa meletakkannya di sudut, entah di meja, atau di sudut yang lain.

2.     Pencahayaan Di Dapur

 

Sementara tips mengatur pencahayaan di dapur berbeda lagi. Dapur membutuhkan pencahayaan yang terpusat maksimal demi kelancaran aktifitas memasak anda. Anda bisa meletakkan task lighting seperti lampu sorot atau halogen di bagian bawah kabinet yang mengarah langsung ke area kerja agar anda tetap bisa melihat jelas selama memasak. Kalau ada areal kerja lain di dapur, anda bisa memasang lampu gantung di atasnya.

3.     Pencahayaan Di Teras

 

Nah, untuk di teras pun berbedalagi untuk tips mengatur pencahayaan di teras biasanya lebih terang. Tujuannya tentu untuk membuat teras lebih terlihat. Selain itu anda bisa menempatkan beberapa lampu di sudut teras dan menggunakan sistem pencahayaan areal yang mana hanya diareal tersebut saja yang terang. Sehingga anda tetap bisa menikmati suasana malam hari teras yang agak remang tapi tidak terlalu gelap. Soroti juga warna daun dan pohon yang hijau agar semakin menambah kesan menyenangkan di teras anda.

4.     Pencahayaan Di Kamar Tidur

Untuk di kamar tidur sendiri, yang paling penting adalah bahwa pencahayaannya harus bisa menciptakan kesan rileks dan nyaman. Anda bisa menggunakan warna kuning dan mengaplikasikan lampu sebagai pencahayaan sentral dan dilindungi sempurna sehingga tidak membuat silau. Anda juga bisa memasang dimmer untuk mengatur intensitas pencahayaannya agar sesuai dengan aktifitas anda.

5.     Pencahayaan Di Kamar Mandi

 

Kalau untuk kamar mandi sendiri diperlukan lampu direct di plafon untuk bisa menerangi seluruh bagian kamar mandi. Sementara untuk areal kering, anda bisa memasang lampu samping di sisi cermin sehingga bisa memaksimalkan titik terang pada spot tersebut.

Itu tadi tips mengatur pencahayaan di tiap ruangan. Jadi, setiap ruangan itu memiliki kaidah yang berbeda dalam mengatur pencahayaannya. Jangan sampai asal. Kalau asal, anda malah tidak nyaman di ruangan tersebut. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: