Warna dan Efek Psikologisnya yang Perlu Anda Tahu!

Warna dan Efek Psikologisnya

Warna adalah elemen penting untuk desain interior atau pun eksterior rumah. Warna juga memiliki efek yang bermacam-macam. Mulai dari memberikan nuansa dan suasana baru untuk sebuah ruangan, hingga memberikan efek psikologis bagi si empunya rumah. Jangan salah, warna sangat bisa mempengaruhi psikologis seseorang. Berikut ini beberapa warna dan efek psikologisnya yang perlu anda tahu.

1.  Warna dan Efek Psikologisnya Pada Warna Biru

Biru adalah warna yang lebih menunjukkan sisi tenang dan nyaman. Warna biru ini memang biasanya lebih cocok dipasang di kamar mandi atau juga di kamar tidur. Kalau warna ini bisa memberikan efek psikis yang nyaman dan rileks. Selain itu ia juga bisa memulihkan kembali energi dengan maksimal saat beristirahat. Tapi syaratnya anda harus memasangnya dengan porsi yang sesuai. Kalau kebanyakan justru akan memunculkan kesan suram.

2.    Efek Warna Kuning

Kuning ini merupakansebuah warna yang bisa memantulkan cahaya dengan sangat baik. Ia cocok sekali untuk ruangan yang minim pencahayaan alami dari luar. Kuning juga bisa memberikan kesan hangat dan ceria untuk sebuah ruangan. Warna kuning ini cocok untuk kamar tidur yang menghangatkan mood saat beristirahat.

3.    Efek Psikologis Warna Merah

Warna dan efek psikologisnya untuk merah berbeda dengan beberapa warna lain. Warna ini memang sudah melambangkan sikap agresif, bergairah, dan punya hasrat yang kuat. Ia bisa memberikan stimulus dan memberikan kesan yang energik untuk seseorang. Nah, ruangan yang cocok untuk diberi sentuhan warna merah adalah dapur. Jangan berikan warna merah ini di kamar tidur ya! Karena akan sangat sulit memberikan ketenangan.

4.    Efek Warna Hijau

Kalau warna hijau ini lebih memberikankesan alam. Ia bisa memunculkan nuansa alam, rasa tenang, dan harapan yang bisa menyegarkan setiap ruangan. Anda bisa meletakkan warna hijau ini di ruang tidur anak anda, ruang keluarga, atau di ruang kerja.

Itu tadi 4 Warna dan Efek Psikologisnya yang perlu anda tahu. Ada banyak pilihan warna lain yang bisa memberi efek psikologis pada sebuah ruangan. Apalagi pada suasana hati atau mood. Nah, kalau sudah tahu begini, anda bisa memilih warna yang tepat sesuai mood dari ruangan tersebut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: